Sabtu, 23 Agustus 2014

Ender's Game (2013) Review.


Pertamakali gw denger film Enders Game, gw kira ini bakal jadi kayak harry potter versi scifi atau seperti young adult novel macem twilight atau mortal instrument yang cinta-cintaannya bikin eneg. Dan pas pertama kali trailernya keluar ekspresi gw sama persis kayak pas denger hatta rajasa nyalonin diri jadi wakil presiden: bengong seakan tidak percaya apa yang terjadi. Gw udah kayak ditampar bolak-balik liat trailernya indah dan megah (plus Hailee Stanfield dan Abigail Breslin yang cakep bener) dan gw ga percaya sutradaranya itu  si Gavin Hood (yang buat wolverine jadi cemen). Lalu pas filmnya rilis (gw ga sempet nonton di biskup, karena lagi uts, dan minggu depannya udah gaada filmnya) ekspetasi gw menurun karena pendapatan box-office yang rendah dan review yang medioker. Dan gw masih menunggu donlotannya nongol. Dan pas brripnya keluar gw langsung sedot itu film lalu langsung gw melakukan ritual sakral nonton film (masuk dan kunci kamar matiin lampu lalu brightness laptop fullin dan suara full. bomat gw mau di gedor-gedor juga).
DAN KETIKA FILMNYA SELESAI GW LANGSUNG ............................................................. *lanjut di bagian review*

He looks like a younger version of khan in star trek into darkness
Film ini bercerita tentang ender wiggin (Asa Butterfield). Seorang third (baca: anak ketiga. kalo yang ortunya PNS anak ketiga itu ga dapet tunjangan hidup.) yang kadang bisa kejam kayak ibu tiri di sinetron rcti kadang bisa baik bener kayak ayah kandung di sinetron rcti. Wait, kenapa dia dilahirin kalo ga dapet tunjangan hidup? usut punya usut (kata novelnya nih ya) ender dilahirin buat melengkapi kemampuan kakaknya untuk menjadi pemimpin. Kakak pertamanya terlalu sadis. Kakak keduanya terlalu baik. (btw, gw belum cerita prolognya ya) jadi ada alien namanya formics yang nyerang bumi. Dan penyerangan itu digagalkan oleh orang bernama Mazer Rackham (Ben Kingsley) untuk menguatkan tentaranya pasukan bumi mendidik anak-anak sejak dini untuk jadi prajurit melawan formics. Dan setelah sekian lama menurut Colonel Graff (Harrison Ford) enderlah yang didaulat untuk menjadi Mazer Rackham kedua. Tapi, dibalik itu ada bahaya yang lebih mengancam dari formics itu sendiri......

Bahkan muka dia masih kalah mencuri perhatian dibanding aktingnya Asa Butterfield
.................................... bengong sekali lagi ga percaya. Gw yang ngira ini bakal jadi teen klise young adult dibuat terbengong sama Gavin Hood. Gw yang ngira bakal ada unsur-unsur coming of age di markas militer ruang angkasa malah dikasi film blockbuster yang penuh sindiran satir soal pemerintahan sekarang (padahal novelnya aja tahun 1985). Gw yang ngira bakal ada perang epic pesawat antar pesawat kayak di star wars malah dikasih pergolakan batin seorang ender wiggin yang diperanin secara gemilang oleh Asa Butterfield (saking bagusnya aktingnya sampe membuat akting para koleganya terlihat jelek terutama Ben Kingsley). DAN PLOT TWISTNYA ADUHHHHH. WANJIR GW SAMPE TERNGIANG-NGIANG NGEBAYANGIN PERASAANYA ENDER JIKA KENA PLOT TWIST HACEP BEGITU (untuk seukuran anak muda plot twist itu hacep bener). Dan, untuk yang mengecewakan dari Ender's Game adalah kondisi di bumi kurang disorot padahal di novelnya itu ada side story yang menceritakan keadaan bumi saat itu (tapi gapapa lah ya susah juga bikin 356 halaman jadi film dalam porsi 2 jam lebih. Sutradaranya masih belum pengalaman lagi. Kalo Nolan atau Scorsese sih pasti bisa.)

Mereka berdua bakal main film baru lagi loh, judulnya Ten Thousand Saints
Overall, bukan film sci-fi kayak minority report atau inception memang, mendekati Hunger Games saja nggak. Tapi, coba nonton ini tanpa ekspetasi macem-macem dijamin kau akan terpukau

Rate: 7,5




Tidak ada komentar:

Posting Komentar