Rabu, 03 September 2014

Lockwood & Co. (2013) Review


Ketika gw berjalan mengitari tempat-tempat novel di gramedia (muter-muter sih tepatnya) dan gw bingung mau beli novel apaan, munculah novel ini diselipan buku-buku laris (hoki ya gw tinggal satu stoknya tuh) dari covernya tuh gw udah gak ada niat buat beli (karena cover versi Indonya kagak jelas abis) dan ditambah komentarnya Rick Riordan (penulis Percy Jackson) tentang buku ini yang udah di translate (dijamin kalian ngakak bacanya) yang isinya "JANGAN MEMATIKAN LAMPU SAAT MEMBACANYA". Sumpah, mana ada orang yang bisa baca dengan kondisi gelap gulita, walaupun pake senter atau lilin yang ada matanya rusak. Tapi dengan segenap insting dan analisis ala Sherlock Holmes gw, gw akhirnya membeli buku ini (PS: gw beli karena harganya tergolong murah 63rb). Dan ketika gw buka bukunyaaaaa di depan XXI (gw kalo nunggu nonton film selalu beli buku) JREEEEEENGGGGG JREEEEEENG JREEENGGGG..................................

apa yang coba disampaikan dari cover begini coba


.................... ada penampakan di halaman setelah covernya yang bikin gw kaget (untung gak teriak). Dan, setelah gw baca 1 bab, 2 bab, 3 bab, gw pun langsung seperti dihantui sama hantu di halaman setelah cover itu dengan membuat mata gw kagak bisa lepas dari tuh buku. Mau pagi, siang, malem, sahur (waktu itu lagi bulan puasa) mata gw tetep terpaku membaca buku ini walaupun tingkat ngantuk gw udah level absurd dan kantong mata gw udah item kayak panda. Dan walaupun ada match pildun yang seru gw seperti di belenggu sama buku ini.

Lockwood & Co menceritakan tentang agensi pembasmi hantu yang bernama Lockwood & Co di Inggris sono. Saat itu inggris adalah tempat paling banyak munculnya hantu dan penampakan. Hantunya pun bervariasi mulai dari yang nongolin diri doang sampe yang nyerang manusia. Dan sudut pandan novel ini dari seorang gadis (yang as always ga pernah digambarkan cakep) yang bernama Lucy Carlye pegawai baru di Lockwood & Co. Disina dia bergabung dengan Anthony Lockwood sang pendiri Lockwood & Co (dan kemungkinan besar jadi love interestnya lucy di buku kedua) dan George siapayalupagw seorang yang bertugas sebagai pencari informasi.

Pada suatu kasus, Lucy dengan sengaja melakukan kesalahan yang membuat mereka mendapat utang 60K pounds dan mereka dihantui oleh sosok hantu. Ketika sedang sibuk mencari uang munculah suatu tawaran menggiurkan yang dapat melunasi utang mereka. Tapi, tawaran itu dapat membuat diri mereka terbunuh. Mau gak mau mereka menerima tawaran itu. Tapi, dibalik tawaran misterius itu ada hal yang lebih misterius dibalik sang penawar itu.... lebih misterius dari anon-anon ask.fm #terusknpya

Oke, Lanju review gw di 2 paragraf sebelumnya, Lockwood & Co ini adalah sebuah ide baru untuk novel-novel young adult yang didominasi oleh scifi dystopian atau romance supernatural atau fantasi atau yang paling mainstream diantara genre mainstream adalah genre Nicholas Sparks. Coba, ada gak novel tentang remaja mendirikan agensi pemburu hantu? kalo ada kasih tau ya. Bisa dibilang ini adalah genre baru untuk  dunia novel young adult (diulang) dan hebatnya buku ini bisa best seller lagi (dan akan dibuat filmnya oleh studio illumination, tapi entah kapan). Dan menurut analisis sotoy bin sok asik gw sepertinya Lockwood & Co ini adalah sebuah proyek impiannya sang penulis: Jonathan Stroud yang sudah dipikirkan sejak lama (seperti proyek Inceptionnya nolan lah). Dia berhasil membangun sebuah negara Inggris yang sudah terkenal dengan unsur kelam dan mencekam (yang baca Sherlock Holmes pasti ngerti) jadi makin mencekam. Dengan unsur itulah Stroud berhasil membuat suasanya tidak cuma mencekam saat pembasmian hantu doang.

Dan dari segi karakternya, mereka pun diberi porsi masing-masing. Anthony Lockwood yang kelihatan jelas karakternya itu adalah reinkarnasi Sherlock Holmes, George yang agak mirip Dr. Watson, dan tentu saja sang sudut pandang Lucy yang seperti kalian tau karakternya seperti para heroine di banyak novel young adult tapi ini lebih manusiawi dan gak terkesan lebay (cc: Bella Swan). Dan saking kepengennya novel ini dibuat film gw sampe membuat dream castnya (yang gw tulis cuma Director sama artisnya doang ya) cekidot:

  1. Anthony Lockwood (diperankan oleh Asa Butterfield)

Kenapa dia? kalian liat aktingnya di Ender's Game, Pasti ngerti ditambah aksen britishnya
      2.  Lucy Carlye (diperankan oleh Joey King)
gw gak tau lagi kandidat lain selain dia
     3. George siapalahitunamanya (diperankan oleh Robert Capron)
Kalau dia bisa menghilangkan tampang polosnya di Wimpy Kid, dia akan jadi perfect role
    4. The Director: James Wan
Kita doakan saja semoga orang ini mau
DAH AH CUKUP MAEN DREAM CASTNYA KALO MAU NAMBAHIN SILAHKAN KOMEN!

Overall, novel Lockwood & Co bukan hanya sebuah genre baru untuk novel young adult tapi ini adalah sebuah novel bagus yang patut dibeli (awas aja buku keduanya kagak terbit terjemahannya).

Rate: 8,5



          





Tidak ada komentar:

Posting Komentar